Kamis, 26 Juli 2018

JENIS- JENIS PAKAN SAPI TERLENGKAP


Pakan Ternak Sapi – Mempunyai usaha ternak penggemukan sapi adalah usaha yang mengundang selera, karena peternakan mempunyai prospek yang bagus apalagi ternak sapi moderen atau limosin. Di samping pekerjaan yang dikerjakan tidak menjemukan, keuntungan yang didapat dapat di bisa dari penjualan per ekor. 

Akan tetapi keberhasilan dalam usaha ternak sapi ini bisa di pengaruhi oleh tiga aspek terpenting. Salah satunya bibit sapi (breeding), pakan (feeding) serta yang ke-3 merupakan manajemen yang baik. Bibit sapi yang berkualitas akan dapat tumbuh secara cepat hingga membuahkan produk yang optimal. 

Jika kita membicarkan bibit sapi jadi begitu terkait dengan arah kita pelihara ternak. Menjadi usaha pembibitan sapi, penggemukan sapi atau kombinasi dari kedua-duanya.

Baca Juga : Peralatan Canggih Mengolah Pakan Ternak Sapi Dan Kambing

Jika untuk usaha pembibitan sapi, salah satunya contoh indukan yang berkualitas bagus seperti sapi Bali betina atau sapi PO betina. Ke-2 type sapi ini memiliki tingkat fertilitas yang tinggi 

Sedang untuk pejantan sangat baik pilih sapi Limousin atau Simmental yang telah populer menjadi sapi dengan kualitas favorit. Tidak hanya dari bibit, optimalisasi produk sangat di pengaruhi oleh pakan serta manajemen pemberian pakan dengan cara terpadu. 

Tanpa pemberian pakan dengan cara terpadu, walau bibit sapi berkualitas favorit akan tidak memberi hasil yang optimal juga. Begitupun dengan pakan, adalah salah satunya fasilitas yang begitu terpenting serta strategis dalam usaha penggemukan sapi. 

Hingga tempat pakan ini terpenting untuk dilihat, karena pakan memiliki dampak yang besar sekali pada bertambahnya berat sapi. Pakan ini diperlukan oleh sapi menjadi pokok untuk hidup, perkembangan, produksi daging serta reproduksi. 

Pakan sapi mencakup semuanya bahan makanan yang bisa dikasihkan serta dikonsumsi ternak dan tidak mengganggu kesehatan jika hewan ternak mengkonsumsinya. Sehari-harinya keperluan jumlahnya pakan pada sapi ternak berlainan. Hal seperti ini tergantung pada type atau spesies sapi, usia serta step perkembangan ternak (dewasa, bunting atau menyusui). 

Penyediaan pakan mesti diupayakan terus-terusan serta sama dengan standard gizi yang diperlukan hewan ternak.  Pemberian pakan pada ternak yang tidak cocok dengan keperluan gizi hewan ternak bisa mengakibatkan defisiensi zat makanan. 

Hingga akan menyebabkan hewan ternak ringan terkena penyakit. Pakan untuk ternak sapi bisa dibedakan jadi dua jenis yakni pakan serat serta konsentrat atau pakan penguat. 

Kacang-kacangan atau legum, rumput serta limbah pertanian tanaman pangan termasuk juga sumber pakan serat buat sapi. Kualitas pakan itu di pengaruhi oleh usia tanaman, jika hijauan tanaman pakan dipanen saat usia tua jadi kualitas hijauan tanaman rendah. 

Type Rumput Favorit Pakan Ternak Penggemukan Sapi 

1. Rumput Benggala atau Panicum Maksimal. Adalah rumput kegemaran sapi ternak serta mempunyai gizi yang bagus. Tinggi dari rumput benggala bisa sampai 2 mtr.. 
2. Rumput Gajah Hawai atau Pennisetum Purperium. Termasuk juga rumput yang disenangi sapi ternak dan mempunyai daya produksi yang tinggi. Tinggi dari rumput gajah dapat juga setinggi 2 mtr.. 
3. Setaria atau Sphacelata. Tidak hanya termasuk juga rumput kegemaran sapi ternak, juga adalah rumput yang tahan kering. Rumput setaria bisa tumbuh tinggi sampai 1, 5 mtr.. 
4. Rumput Raja atau King Grass. Adalah rumput yang tumbuh hasil dari silangan rumput gajah. Akan tetapi mempunyai jumpak produksi yang tambah tinggi di banding rumput gajah. Diluar itu rumput raja juga tidak berbunga.  

Type Pakan Ternak Penggemukan Sapi dari Type Tanaman Legum (Kacang-kacangan) 

1. Lamtoro atau Leucaena Leucocephala. Adalah tanaman yang mempunyai beberapa manfaat. Tidak hanya termasuk juga pakan kegemaran sapi ternak juga kaya sumber protein keperluan sapi ternak. Dalam pemberiannnya pada sapi, lamtoro dipakai menjadi pakan kombinasi. 
2. Gamal atau Gliricidea Maculate. Merupakan legum pohon yang umum ditanam menjadi tanaman pagar. Mempunyai daun yang begitu buat perkembangan sapi ternak. Sebelum disantap jadi pakan sapi ternak, daun di layukan lebih dulu. 
3. Desmodium atau Desmodium Rinsonii. Merupakan legum pohon yang mempunyai daun bulat. Desmodium mempunyai kandungan protein keperluan sapi ternak yang tinggi dan pakan kegemaran sapi ternak. 
4. Kaliandra. merupakan legum pohon yang ditanam menjadi kombinasi pakan rumput ternak dan penambah protein pakan sapi ternak. 
5. Centro atau Centrocema Pubescens. merupakan legum yang tumbuhnya menyebar menutupi tanah. 

Lalu untuk limbah pertanian tanaman pangan yang bisa digunkan menjadi pakan sapi ternak misalnya merupakan jerami jagung, jerami padi, jerami kacang. Namun kualitas dari limbah pertanian tanaman pakan ini lebih rendah di banding dengan rumput terkecuali limbah kacang-kacangan. 

Sedang konsentrat atau pakan penguat sapi ternak diperlukan dalam jumlahnya yang lebih dikit dari pakan serat. Pemberian konsentrat pada sapi ternak cuma untuk pelengkap keperluan zat gizi. Contoh dari konsentrat itu merupakan dedak jagung, dedak padi, bungkil kacang tanah, bungkil kelapa, bungkil biji kapok, bungkil kedelai serta ampas tahu.

Sumber : https://masbidin.net/pakan-ternak-sapi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar