Kamis, 26 Juli 2018

TEPAT !!! TAKARAN MEMBERI PAKAN SAPI

Langkah Pemberian serta Ukuran Pakan Ternak Sapi Untuk Mendapat Hasil Maksimal 




Dalam pemberian pakan pada sapi ternak mesti sama dengan keperluan sapi ternak tersebut. Pakan sapi ternak yang dengan cara prasyarat protein telah penuhi akan tetapi bila dikasihkan dalam jumlahnya yang kurang ataupun berlebihan akan beresiko di hasil penggemukan yang tidak optimal. Salah satunya langkah pemberian serta ukuran itu merupakan :

Baca Juga : Membuat Pelet Pakan Sapi Dengan Mesin Modern

1. Rumput yang dikasihkan menjadi pakan sapi ternak adalah rumput yang dipanen waktu mendekati berbunga. Pada keadaan semacam itu kualitas serta jumlah zat gizi dalam rumput ada pada tempat optimal. 

2. Hijaun rumput dikasihkan pada sapi ternak sekitar 10% dari berat tubuh. 

3. Hijauan legum atau kacang-kacangan dikasihkan pada sapi ternak sekitar 1% dari berat tubuh. 

4. Sebelum dikasihkan pada sapi ternak, pakan hijauan dilayukan lebih dulu. 

5. Rumput atau legum untuk pakan sapi ternak yang dipanen sangat muda bisa mengakibatkan kembung serta mencret. 

6. Konsentrat atau pakan penguat dikasihkan sekitar 1% dari berat tubuh. 

Waktu Pemberian Pakan Ternak Sapi Type Konsentrat 

Dalam memberi pakan pada sapi ternak ada urutan-urutannya supaya proses pencernaan dapat lancar. Hingga proterin yang ada pada pakan bisa di serap dengan optimal. Di antara waktu pemberian pakan sapi ternak itu yakni : 
Konsentrat atau pakan penguat dikasihkan pada sapi ternak 2x dalam satu hari tadi malam pada pkl 07 : 00 serta sore pkl 16 : 00. 
Jika pemberian konsentrat dikerjakan 3x dalam satu hari tadi malam. yakni saat pagi pkl 06 : 30, siang pkl 12 : 00 serta sore jam 16 : 00 
Pemberian pakan serat (hijauan) dikerjakan dua jam sesudah pemberian pakan penguat. Pemberian pakan hijauan ini, baiknya di kerjakan dengan cara setahap yaitu pagi, siang, sore serta malam. Minimum pemberian pakan hijauan 3-4 kali dalam satu hari tadi malam.

Sumber : https://masbidin.net/pakan-ternak-sapi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar