Minggu, 29 Juli 2018

PERCAYAKAH ?? Gedebok Pisang Untuk Pakan Kambing

Langkah membuat pakan kambing atau domba dari gedebog pisang - Pakan yang baik adalah salah satunya aspek yang bisa mendukung keberhasilan dalam beternak. pakan yang disebut di tempat ini ini berarti makanan ternak yang berkualitas yang memiliki kandungan gizi baik sesuai dengan keperluan serta komposisi untuk type ternak contohnya kambing atau domba, dengan tingginya harga pakan pabrik jadikan salah satunya masalah dalam beternak, hingga untuk penuhi pakan kambing atau domba kita tidak sempat lagi pikirkan kandungan zat atau materi yang ada di pakan itu (asal kenyang). oleh karna itu lewat artikel ini kami akan memberi langkah membuat pakan kambing atau domba dari gedebog atau pohon pisang dengan kualitas yang baik, agar pertumbuahan kambing semakin lebih cepat serta sehat. 

Rumput yang sekarang ini jadi andalan beberapa peternak serta jadikan menu harus untuk type hewan ruminansia termasuk juga kambing serta domba telah bisa di pastikan akan makin susah didapatkan, oleh karna itu mulai saat ini kita mesti bisa mengubah menu harus itu dengan pakan berkualitas lewat fermentasi supaya tumbuh serta kembang ternak kita jadi maksimal, tidak hanya memudah kita dalam penuhi keperluan pakan ternak, pemberian pakan fermentasi dapat juga tingkatkan kualitas ternak supaya jadi hewan lebih sehat dengan perkembangan lebih cepat, menjadi rujukan kita buat pakan kambing atau domba dari gedebog pisang. 


Untuk kesempatan ini kita akan membuat pakan kambing dengan bahan baku pohon pisang, dimaksud juga gedebog pisang atau gebog. Lengkapi keperluan yang lain pada protein serta serat kasar, kita imbuhkan ampas tahu serta dedak. Beberapa bahan itu merupakan bahan yang ringan didapati serta didapat, Untuk proses fermentasi kita kerjakan ikuti alur HCS dengan penambahan Suplemen Organik Cair (SOC) yang termudah serta cepat, langkah tersebut sudah sukses diaplikasikan oleh beberapa peternak kambing serta sapi. Type fermentasi yang saya kerjakan ini dimaksud fermentasi basah, berarti bahan bakunya tidak kering sebutan lain masih tetap memiliki kandungan banyak air. Simak juga langkah membuat pakan fermentasi dari sampah pasar 

Bahan yang butuh disiapkkan untuk membuat pakan kambing dari gedebog pisang : 


Langkah membuat pakan kambing dari gedebog pisang 
Pohon Pisang 100 kg 
Ampas Tahu 15 kg 
Dedak/katul 3 kg 
Garam 250 gram 
SOC HCS 30 cc (3 tutup botol SOC) 
Cara membuat pakan kambing atau domba dari gedebog pisang 


Langkah membuat pakan kambing serta domba dari gedebog pisang
Hamparkan terpal atau sejenisnya lantas kita cacah pohon pisang sampai pada ukuran kecil (kira-kira 3-4 cm) di atas terpal barusan. 


Lalu campur ke pohon pisang yang telah dipotong-potong barusan semasing ampas tahu serta dedak. Campur serta aduk sampai rata. 
Buat larutan bibit fermentasi lewat cara : 30 cc SOC HCS (3 tutup botol SOC) dimasukkan ke 1 (satu) liter air, imbuhkan 100 gr gula pasir lantas diaduk sampai larut. Larutan ini lalu didiamkan saat 15 menit 
Sesudah 15 menit, larutan bibit fermentasi barusan dimasukkan ke 10 liter air (gunakan ember). Aduk sampai larut. 
Larutan baru itu lalu masukan ke sprayer serta disemprotkan ke pada bahan pakan (potongan pohon pisang dkk.) dengan rata sekalian diaduk. 
Lalu taburkan 250 gr garam ke pada bahan sekalian diaduk dengan rata. 
Langkah paling akhir, masukan bahan pakan itu ka dalam tong plastik atau kantong plastik serta ditutup rapat (kedap hawa) saat 1-3 jam. 

Hal yang butuh dilihat agar kambing atau domba akan suka pada pakan dari gedebog pisang 
Terlebih dulu kambing atau domba dicekok/dicontang dengan 2-3 cc (1 tutup botol) SOC HCS supaya nafsu makannya meningkat 
Pertama beri pakan buatan digabung dengan pakan umum yang sudah disemprot SOC HCS 
Saat 1 – 7 hari, setiap pagi ternak dikasih pakan seperti umum yang sudah disemprot SOC HCS, sore harinya dikasih pakan buatan supaya terlatih. Setelah itu akan normal dengan pakan buatan 
Pengalaman kecepatan penyesuaian kambing atau domba berlainan. Ada yang ketika pertama dikasih secara langsung suka pada pakan buatan ini, akan tetapi ada juga yang butuh waktu sampai 2 hari untuk penyesuaian sampai betul-betul beralih ke pakan buatan 
Satu hal lagi, atur kandungan air janganlah sangat tinggi. Jika sangat tinggi atau basah, hasil fermentasi tidak maksimal serta kurang bertahan lama. 
Demikian yang bisa kami berikan mengenai Langkah membuat pakan kambing atau domba dari gedebog pisang, mudah-mudahan berguna, buat yang tertarik dengan Suplemen organik cair (SOC )

Sumber : http://agensoc.blogspot.com/2015/03/cara-membuat-pakan-kambing-atau-domba.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar