Kamis, 09 Agustus 2018

INFO PENTING Konsentrat Pakan Ternak



Konsentrat dibedakan dua grup, yakni konsentrat sumber enegi (carbonaseous concentrate) serta konsentrat sumber protein (proteinaseous concentrate). Carbonaseous concentrate adalah konsentrat yang memiliki kandungan daya tinggi, protein rendah dengan protein kasar kurang dari 20 % serta serat kasar 18 %, sedang proteinaseous concentrate merupakan konsentrat yang memiliki kandungan protein tinggi dengan protein kasar lebih dari 2 % (Prawirokusumo, 1994). 

A. KONSENTRAT SUMBER PROTEIN 
Semua jenis bahan pakan yang memiliki kandungan protein kasar >20%. Pemakaian konsentrat protein terpenting diperuntukkan untuk ternak muda, ternak tumbuh cepat serta ternak produksi tinggi. Berdasar pada sumbernya, bahan konsentrat protein datang dari : 
1. Limah dari ikan laut 
2. hewan darat 
3. tanaman 
4. asam amino sintetik 
Konsentrat protein bisa dibikin lewat cara menghilangkan komponen nonprotein seperti lemak, karbohidrat, mineral, serta air, hingga kandungan protein produk jadi tambah tinggi dibanding bahan baku aslinya (Amoo et al. 2006). Penghapusan komponen nonprotein pada pembuatan konsentrat protein bisa dikerjakan dengan proses ekstraksi. Ekstraksi bisa dikerjakan dengan memakai larutan alkohol atau larutan asam. Pelarut alkohol yakni aseton adalah pelarut organik yang berbentuk polar yang mempunyai potensi untuk memisahkan fraksi gula larut air serta lemak tanpa melarutkan proteinnya. (Amoo et al. 2006). 

B. KONSENTRAT SUMBER ENERGI 
Semua jenis bahan pakan yang disebut sumber daya serta penuhi prasyarat spesifik (serat kasar < 18%, dinding sel <35% serta protein < 20%). Manfaatnya konsentrat sumber daya yakni untuk meningkatkan jumlahnya mengkonsumsi daya atau untuk meningkatkan densitas daya didalam ransum. Daya yang terdapat didalam konsentrat daya terpenting datang dari karbohidrat yang gampang larut atau minyak serta lemak Bahan pakan yang tinggi kandungan dayanya (DE, ME atau NE) biasanya memiliki kandungan protein rendah sampai tengah, meskipun ada banyak jenis yang memiliki kandungan protein tinggi. Ternak lebih gampang mendapatkan daya dari konsentrat daya dibanding yang berasal forase meskipun daya bruto atau gross energy (GE) hampir serupa. 
Bahan Konsentrat Daya mencakup : 
1. Beberapa jenis bahan pakan butiran sebangsa padi termasuk juga hasil sebelahnya. 
2. Beberapa jenis umbi 
3. Beberapa jenis tetes serta yang sejenis 
4. Beberapa jenis minyak serta lemak 
Pollard (Triticum aestivum) adalah bahan pakan konsentrat untuk sapi perah yang banyak dipakai oleh peternak menjadi sumber daya serta protein. Diluar itu menurut Arditya (2010), dalam 100% BK nilai gizi yang ada dalam pollard merupakan 8, 81% serat kasar, 5, 1% lemak kasar, 45, 0% bahan ekstrak tanpa nitrogen serta 24, 1% abu.

Sumber : http://www.ilmuternak.com/2015/03/konsentrat-untuk-pakan-ternak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar