Jumat, 03 Agustus 2018

WAJIB TAHU !! Berbagai Jenis Pakan Ternak Lengkap

Berikut berbagai Jenis pakan Ternak Lengkap

1. Dedak Padi


Dedak Padi atau biasa dimaksud juga Bekatul, didapat dari sampah hasil olahan padi jadi beras. Dedak merupakan type pakan sangat diketahui serta seringkali dipakai. Dedak memiliki kandungan sumber daya serta asam amino yang tinggi. Semestinya kita butuh membatasi pemberian dedak pada ayam muda, karena didalam dedak terdapat seputar 11 – 12% serat kasar yang dikit susah diolah oleh ayam. Dedak memiliki kandungan banyak lemak, bila disimpan kelamaan dapat menggumpal serta bau tengik. 

Dedak sendiri ada yang kasar serta halus, lebih baik pilih yang halus karena kandungan proteinnya tinggi serta serat kasarnya rendah. Sebetulnya kasar serta halusnya tergantung berapa banyak kombinasi sekamnya. Tetapi kalaupun kita beli di toko umumnya berupa halus, memiliki kandungan banyak vitamin dan protein B. Kualitas dedak yang baik diukur dari kepadatannya, lewat cara menekannya pada genggaman. Sesudah sesudah genggaman erat kita dilepaskan serta dedak melekat pekat keduanya bermakna mutunya bagus. Demikian sebaliknya bila sesudah kita terlepas dedak secara langsung mekar serta tidak merekat keduanya bermakna mutunya buruk karena banyak terkandung sekam

2. Pollard 
Pollard atau biasa dimaksud juga dedak Gandum dibuat dari sampah hasil olahan gandum jadi tepung terigu. Pollard memiliki kandungan protein 15 persen, kandungan lemaknya seputar 3 – 4 persen serta kandungan serat kasarnya seputar 7 – 9 persen. Pemakaian pollard sebaiknya dibatasi, walau kandungan daya metabolisnya seputar 1700 kkal/kg termasuk rendah, kandungan serat kasar yang dipunyai pollard dapat membuat si ayam mencret. 

Jagung juga jadi pilihan banyak pemelihara ayam, karena kandungan nilai gizinya cukuplah tinggi dan memiliki kandungan karbohidrat menjadi sumber daya. Ada 3 type jagung yang yang biasa diketahui, yakni : jagung kuning, jagung merah serta jagung putih. Tetapi jagung kuninglah yang terunggul, walau harga nya mahal tetapi kandungan nutrisinya terbesar. Tidak hanya memiliki kandungan karbohidrat, jagung kuning juga memiliki kandungan banyak pro-vitamin A serta serat kasar yang terdapat juga rendah, hingga gampang diolah serta rasa-rasanya juga enak (palatable). 

Karena harga nya cukuplah mahal, pakai menjadi kombinasi seputar 20 – 40% saja dari keseluruhan pakan. Bila ingin memakai jagung merah atau putih lebih baik ditambahkan dengan feed supplement vit A. Bila susah mendapatkan jagung, dapat ditukar dengan Sorgum karena nilai gizinya hampir serupa. Cuma janganlah dikasihkan terlalu banyak, karena sorgum nilai cernanya rendah serta tidak memiliki kandungan pro-vitamin A dan rasa-rasanya juga kurang enak. 

4. Tepung Tulang 
Tepung Tulang, berbahan dapat diperoleh dari tempat pemotongan hewan. Langkah membuatnya dengan merebus tulang, mengeringkannya selanjutnya digiling sampai halus. Tepung tulang banyak terkandung phosphor serta Kalsium, kalsium sendiri begitu bermanfaat buat pembentukan tulang serta sendi ayam. Kombinasi yang dikasihkan cukuplah 1% saja dali keseluruhan pakan (ransum). 

Walau kandungan energy metabolisnya hampir sama juga dengan jagung, tetapi kandungan proteinnya rendah cuma seitar 2 – 3% saja. Diluar itu pemakaian singkong butuh dibatasi, karena singkong memiliki kandungan zat antinutrien sianogenik glukosida, terutamanya sangat banyak pada type singkong pahit. Karena itu, kalaupun ingin memakai singkong lebih baik dijemur dahulu jadi gaplek, mempunyai tujuan untuk menghilangkan kandungan zat nutriennya. Pemakaian singkong semestinya kurang dari 20% saja dari keseluruhan ransum, karena pemakaian yang terlalu berlebih bisa mengakibatkan feses basah. 

6. Sorgum 
Produksi Sorgum cuma ada didaerah spesifik saja serta penyebutannya bermacam ada yang menyebutkan cantel, cantrik serta batar tojeng. Kandungan protei n dari sorgum dikit tambah tinggi dari jagung dan memiliki kandungan Xantofil. Tetapi sorgum juga memiliki kandungan zat antinutrisi yang dimaksud Tanin, kandungan Tanin yang tinggi mengakibatkan susah untuk mengolah protein, turunkan perkembangan serta kelainan pada kaki. Sorgum ada yang putih serta ada yang berwarna, makin berwarna biji sorgum karena itu makin tinggi juga kandungan Taninnya, misalnya : merah serta coklat. Kandungan tanin yang ada pada sorgum bisa di turunkan lewat cara : pengupasan kulit luar, perendaman, serta fermentasi. 

7. Minyak atau Lemak 
Tidak memiliki kandungan mineral, karbohidrat, protein ataupun vitamin. Umumnya dipakai menjadi kombinasi pada pakan yang memerlukan daya tinggi karena minyak memiliki kandungan daya metabolis yang tinggi seputar 7000 – 8000 kkal/kg, serta minyak Ikan merupakan yang paling besar seputar 8600 kkal/kg. Pemakaian minyak menjadi kombinasi bisa tingkatkan efisiensi pakan, kurangi pakan berdebu, dan melakukan perbaikan warna, struktur serta perasaan dari ransum. Minyak yang dikasihkan sebelum proses pembuatan pelet dapat turunkan mutunya, karena itu semestinya disemprotkan saja untuk tingkatkan mutunya. 

8. Bungkil Kacang Kedelai 
Merupakan Kacang kedelai yang telah diambil minyaknya hingga kandungan proteinnya bahkan juga tambah tinggi dibanding dengan kecang kedelai tersebut. Sama seperti seperti dedak, bungkil kacang kedelai ini dapat memiliki kandungan asam amino yang tinggi, cukuplah komplet serta seimbang buat si ayam. Tetapi berlainan dengan dedak, bungkil kacang kedelai ini relatif gampang diolah seandainya disangrai terlebih dulu memakai suhu yang tengah janganlah sangat tinggi. Seperti yang kita ketahui, asam amino serta lysine dapat rusak bila dipanaskan pada temperatur yang tinggi. Bungkil kacang kedelai dapat dikasihkan pada ayam semua usia, dengan ukuran 5 – 20% dari keseluruhan ransum. 

9. Bungkil Kelapa 
Bungkil Kelapa adalah hasil bekas dari pemrosesan minyak kelapa. Umumnya daging kelapa yang dikeringkan (kopra) akan diambil minyaknya serta tersisalah bungkil kelapa. Langkah pengambilannya ada 2 langkah : di ekstraksi dengan zat pelarut serta di ekstraksi dengan di press. Bungkil kelapa semestinya janganlah disimpan pada suhu yang tinggi karena dapat jadi tengik serta bungkil kelapa yang telah tengik janganlah dikasihkan pada ayam karena bisa mengakibatkan diare. Bungkil kelapa ini jiuga bisa dikasihkan pada ayam semua usia. 

10. Tepung Ikan 
Datang dari ikan yang dikeringkan dan digiling, mutunya juga bermacam tergantung dari type ikannya. Umumnya yang kualiatasnya baik merupakan tepung ikan yang datang dari ikan putih, karena kandungan lemaknya tidak lebih dari 6%dan kandungan garamnya seputar 4% saja. Tepung ikan kualitas ke-2 dari ikan yang tidak wajar mengkonsumsi manusia (ikan afkir), kandungan lemak serta garamnya tinggi hingga dapat memunculkan dampak negatif pada ayam. Harga tepung ikan cukuplah tinggi jadi butuh dilihat mutunya, tepung ikan yang datang dari kepala serta ekor ikan saja, mutunya rendah karena kandungan proteinnya rendah serta susah diolah. 

Tepung ikan memiliki kandungan sumber mineral tinggi seputar 100 – 200 gr/kg salah satunya : Kalsium, Mangan, Besi, Iodin serta Phosphor. Juga kaya dengan asam amino mendasar terpenting Lysin, Metionin, Sistin serta Thriptophan. Dan adalah sumber vitamin B-kompleks yang baik, seperti : B-12, Choline serta Riboflavin. 

11. Tepung Bulu Unggas 
Terdengar dikit aneh memang, tepung ini dibuat dari bulu yang didapatkan berbahan bekas industri pemotongan ataupun ayam tidak wajar mengkonsumsi manusia. Langkah membuatnya : bulu dibikin bersih dahulu, dibuat dengan suhu tinggi (hidrolisis), ditiriskan, dikeringkan baru lalu digiling halus. Walau kandungan protein tepung bulu unggas tinggi sekali seputar 85%, tetapi tidak semua bisa diserap oleh ayam, sejumlah besar akan terbuang melalui kotoran. Karena kandungan asam aminonya relatif rendah karena itu pemakaian dalam kombinasi pakan semestinya cuma seputar 2 persen saja. Type makanan ini tidak disarankan buat pakan untuk anakan atau ayam muda.

Baca Juga : Mesin Penggiling Bulu Lembut Pakan Ternak

12. Tepung Keong Mas/Siput 
Kandungan proteinnya cukuplah tinggi seputar 52%, langkah membuatnya : bersihkan keong mas tambahkann garam supaya lender serta kotorannya hilang, lalu di rebus, buka cangkangnya lantas bersihkan lagi, tiriskan serta irislah tipis. Jemur irisan itu sampai kering lalu giling jadi tepung. Semakin bagus bila kamu dapat budidyakan sendiri keong masnya, karena proses kembangbiaknya cepat serta pembuatan tepungnya juga relatif gampang hingga dapat mendesak cost produksi. 

13. Tepung Daun Lamtoro 
Didapat dari daun lamtoro yang dikeringkan serta digiling sampai halus. Protein yang terdapat seputar 36 – 48 persen. Lamtoro memiliki kandungan senyawa antinutrisi seperti : Mimosin, Protease Inhibitor, Tannin serta Galactomannan. Tidaklah terlalu beresiko karena telah dikerjakan penjemuran pada proses membuatnya. Tetapi harus tetap dibatasi penggunaannya, cukuplah dikasihkan seputar 4% saja, karena pemakaian yang terlalu berlebih dapat mendesak perkembangan ayam. 

14. Grit 
Terbagi dalam beberapa kombinasi bahan seperti ; batu kali kecil, mica, kapur, kulit kerang, pecahan granit dan lain-lain. Memang tidak terdengar seperti type makanan, tetapi ada faedahnya loh.. Grit sendiri ada 2 jenis : yang gampang diolah serta susah diolah. Grit yang Gampang Diolah datang dari kulit kerang serta memiliki kandungan Kalsium, bisa tingkatkan kemampuan serta kualitas telur ayam. Sedang Grit yang Susah Diolah datang dari batu kali, granit, kerikil serta mica. Umumnya dikasihkan cuma untuk menolong pencernaan saja. Grit dapat diberikann sendiri/terpisah, tetapi juga bisa digabung dengan ransum. 

15. Pelet 


Bahan pakan yang digiling lalu di padatkan. Pelet begitu disenangi ayam karena bisa tingkatkan nafsu makan. Diluar itu lebih efektif serta irit dari pakan type tepung yang boros karena gampang dikais ayam hingga banyak yang terbuang.

Sumber : http://okdogi.com/2016/07/pakan-ayam/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar